You Are Here: Home - news flash - Lupakan Fisika yang Penuh Rumus!


 







 
Fisika akan lebih menyenangkan dan tidak terlupakan jika dilakukan dengan banyak melakukan berbagai eksperimen. Sebagai ilmu dasar, fisika bukan hanya sekadar rumus.
Harus eksperimen, sementara rumus itu hanya alat bantu. Rumus mudah dilupakan, tetapi siswa tak akan melupakan eksperimennya. -- Perdamean Sebayang
Demikian dikatakan peneliti Pusat Penelitian (P2) Fisika LIPI, Perdamean Sebayang, Jumat (8/4/2011), di sela-sela acara Atma Jaya Science Fair 2011 di Unika Atma Jaya, Semanggi, Jakarta.
"Harus eksperimen, sementara rumus itu hanya alat bantu. Rumus mudah dilupakan, tetapi siswa tak akan melupakan eksperimennya," ujarnya.
Ia mengatakan, salah satu tugas pokok Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) adalah turut mencerdaskan kehidupan bangsa. Salah satu cara menjalankan kewajiban itu adalah dengan turut aktif memasyarakatkan ilmu fisika agar lebih menarik perhatian masyarakat, khususnya generasi muda.
"Kami mencoba untuk membuat sekaligus mengembangkan ilmu fisika dalam kehidupan sehari-hari dan masa depan karena ilmu fisika merupakan ilmu dasar yang sangat penting bagi ilmu pengetahuan," kata Perdamean.
Menurut dia, menguasai ilmu fisika sangat berpengaruh pada percepatan pertumbuhan bangsa karena fisika dapat digunakan pada penelitian teknologi dan industri. Karena itu, lanjut Perdamean, perlu adanya perhatian lebih lanjut dari pemerintah, baik untuk pengadaan teknologi ataupun anggaran risetnya.
"Fisika perlu dipahami sebagai ilmu yang menarik dan berguna dalam kehidupan sehari-hari," katanya.

Sumber : http://www.kompas.com/
Tags: news flash

0 komentar

Leave a Reply